Olahraga yang Wajib Dikuasai Anak

Vera Farah Bararah – detikHealth

Jakarta, Banyak ragam olahraga yang bisa dilakukan anak. Olahraga selain menyehatkan juga menjadi pilihan berkarir ketika anak dewasa. Tapi ada satu olahraga yang wajib dikuasai anak meski itu di luar olahraga kesukaannya.

Apa olahraga yang sebaiknya di kuasai anak itu? Jawabnya renang.

Selain bisa meningkatkan denyut jantung serta sirkulasi darah ke seluruh tubuh, renang juga bermanfaat dari faktor kemanan.

Dari sisi kesehatan, renang sangat berguna untuk kebugaran karena melibatkan hampir seluruh anggota tubuh mulai dari lengan, bahu, dada hingga kaki.

Sedangkan dari sisi keamanan untuk mengantisipasi kecelakaan di perairan. Anak yang dapat berenang bisa menjaga dirinya dengan mengapung di air atau berenang untuk keselamatannya.

Renang juga berguna untuk mengajarkan anak agar tidak cepat panik dan tetap tenang jika menghadapi suatu insiden.

Kapan anak bisa belajar renang?

Seperti dikutip dari Pediatrics, Jumat (29/1/2010), sebaiknya orangtua mulai mengajarkan anaknya berenang minimal di usia 4 tahun. Saat usia tersebut anak sudah siap untuk menerima pelajaran berenang. Mengajarkan renang sejak dini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian pada diri si anak.

Tapi orangtua bisa mulai memperkenalkan bagaimana menikmati air sejak masih bayi atau sebelum 4 tahun, dengan begitu anak sudah akrab dengan dunia air dan menjadi tidak takut. Bayi juga jadi lebih santai dan tenang jika berada di dalam air.

Berenang merupakan salah satu kegiatan mengasyikkan yang bisa membuat anak menjadi senang dan bersemanagat untuk belajar. Selain itu berenang bersama juga bisa meningkatkan intensitas kedekatan antar anggota keluarga.

Sebuah penelitian pernah menunjukkan efek dari merangsang anak untuk berenang mondar-mandir dapat meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, kewaspadaan, kemampuan persepsi, mengatur emosi serta perkembangan fisknya.

Air adalah salah satu media yang bisa menyembuhkan atau mengurangi sakit. Pada anak-anak ’spesial’ terapi air ini bisa merangsang efek tertentu seperti menenangkan, sentuhan positif dalam perkembangan serta mengajarkan berinteraksi.

Manfaat lain dari berenang adalah membantu mengatasi penyakit radang sendi, masalah berat badan serta mengatasi rasa sakit di punggung.

Bagi orang yang memiliki masalah dengan paru-paru seperti asma, udara di sekitar kolam renang bisa membuatnya menjadi lebih mudah bernapas serta menguatkan organ pernapasan yang dapat mencegah kambuhnya asma.

Untuk menghindari cedera yang mungkin terjadi selama berenang sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam berenang atau tidak lebih dari 1 jam. Jangan biarkan anak berenang sendiri meskipun anak tersebut sudah mahir berenang tapi tetap berikan pengawasan.

(ver/ir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: